On Tuesday, May 05, 2015 by Unknown in    No comments

Ilmuwan Kembangkan Laser Nano Cair Pertama

Ilmuwan Kembangkan Laser Nano Cair Pertama

          TEMPO.COEvanston - Ilmuwan Northwestern University telah mengembangkan laser nano cair pertama. Laser itu dapat diatur warnanya secara cepat dan memiliki fitur unik dan berguna. Teknologi laser itu dapat digunakan untuk aplikasi praktis, seperti bentuk baru chip untuk diagnosa medis.
Untuk memahami konsep ini, bayangkan pointer laser yang warnanya dapat diubah hanya dengan mengubah cairan di dalamnya, dibandingkan menggunakan pointer laser yang berbeda untuk setiap warna yang berbeda.


Selain mengubah warna secara real time, laser nano cair ini memiliki keuntungan tambahan dibandingkan laser nano lainnya, yaitu sederhana untuk dibuat, murah untuk diproduksi dan beroperasi pada suhu kamar.



Laser nanoscopic, pertama kali diperlihatkan pada tahun 2009, hanya ditemukan di laboratorium penelitian saat ini. Laser tersebut, sangat menarik untuk kemajuan teknologi dan untuk aplikasi militer.



"Studi kami memungkinkan kita untuk memikirkan tentang desain laser baru dan apa yang bisa terjadi jika mereka benar-benar bisa dibuat," kata Teri W. Odom, yang memimpin penelitian itu. Penemuan ini dipublikasikan minggu ini oleh jurnal Nature Communications.



Odom mengatakan laser nano cair dalam penelitian ini bukanlah pointer laser, namun perangkat laser pada sebuah chip. Warna laser dapat diubah secara real time ketika cairan pewarna dalam saluran mikofluida di atas rongga laser berubah.



Keuntungan utama dari laser yang sangat kecil ini, di antaranya dapat digunakan sebagai sumber cahaya on-chip untuk sirkuit terpadu optoelektronik, dapat digunakan dalam penyimpanan data optik dan litografi, dapat beroperasi andal di satu panjang gelombang, dan mampu beroperasi lebih cepat daripada laser konvensional karena terbuat dari logam

sumber : tempo.co

0 comments:

Post a Comment